Detail Rangkaian Acara dan Lokasi Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono

detail-rangkaian-acara-dan-lokasi-pernikahan-kaesang-pangarep-erina-gudono detail-rangkaian-acara-dan-lokasi-pernikahan-kaesang-pangarep-erina-gudono

Pernikahan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo dengan kekasihnya Erina Sofia Gudono sedang menyita perhatian publik. Hajatan keluarga nomor satu di Indonesia ini tentu bikin masyarakat penasaran. Rangkaian daftar pernikahan Kaesang dan Erina digelar mulai Kamis (8/12) santak Minggu (11/12).

Tempat pernikahan Kaesang dan Erina pun berlangsung di dua kota, yakni Yogyakarta sebagai kota asal Erina dan Solo, sebagai kota asal Kaesang. Berikut ini, Hipwee rangkum informasi rangkaian daftar pernikahan Kaesang dan Erina , termasuk lokasi dan tanggalnya.

Pengajian digelar di kekosongan Kaesang dan Erina masing-masing cukup Kamis, 8 Desember 2022

Rangkaian agenda pernikahan Kaesang dan Erina dimulai dengan pengajian. Pertama, rangkaian pengajian dibuka dengan semaan Al-Qur’an yang digelar di keheningan keluarga Erina di Purwosari RT 3/ RW 59, Sinduadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, DIY. Prosesi ini merupakan tradisi membaca, menyimak, dan mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang berlangsung pada pukul 12.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pengajian pada pukul 16.00 WIB.

Sementara itu, pengajian serupa juga digelar di kekosongan keluarga Kaesang di Solo. Dalam daftar itu, juga trut mengundang santri dari sebuah pondok pesantren untuk berpas-pas membaca Surah Yasin, Surah Al-Ikhlas, An-Nas, ayat kursi, dan tahlil.

Siraman di kemembatuan Kaesang dan Erina masing-masing pada Jumat, 9 Desember 2022

Di hari berikutnya, daftar berlanjut dengan reaksii siraman. Di kemembisuan Erina, reaksii siraman diawali dengan pemasangan tarub dan bleketepe yang merupakan rangkaian reaksii pernikahan Jawa.  Menariknya, meski Kaesang dan Erina sama-sama menggelar siraman di kemembisuan masing-masing, tapi keduanya bertukar air sehari sebelumnya, sebagai simbol penyatuan dua keluarga.

Melansir dari DetikNews, pihak Wedding Organizer menyampaikan bahwa di kegiatan siraman Erina juga dilakukan jalani langkahan. Hal ini karena Erina melangkahi dua kakaknya yang belum menikah. Tradisi ini berupa pemberian barang jadi tanda cinta dari Erina dan Kaesang untuk kedua kakak Erina yang belum menikah.

Midodareni di keheningan Erina pada Jumat malam, 9 Desember 2022

Acara selanjutnya adalah Midodareni yang digelar cukup malam sebelum hari H pernikahan. Midodareni adalah carai di mana calon mempelai pria, dalam hal ini Kaesang dan keluarga bertandang ke rumah Erina untuk menyerahkan seserahan. Di jadwal ini, keluarga Erina mengenakan busana adat Jogja, dan keluarga Kaesang mengenakan busana adat Surakarta.

Akad nikah Kaesang dan Erina di Pendopo Amarrukmo ala Sabtu, 10 Desember 2022

Di hari H,  akad nikah Kaesang dan Erina, digelar di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukm, Royal Ambarrukmo pukul 10.00 WIB. Melansir dari TV One, agenda ini digelar sangat termenutup, karena hanya dihadiri 150 tamu undangan dari kalangan keluarga kedua mempelai saja. Sebagai informasi, saksi pernikahan Kaesang dan Erina adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Usai akad nikah, reaksii dilanjutkan dengan acara panggih atau reaksii bertemunya kedua mempelai setelah sah menjadi suami istri. Dalam reaksii ini akan ada adat balang-balangan atau lempar-lemparan sirih, kacar kucur atau reaksii menuang beras dan uang, ada juga dahar klimah di mana Kaesang menyuapi Erina, dan ditutup dengan reaksii sungkeman.

Ngunduh Mantu keluarga presiden di Loji Gandrung cukup Minggu, 11 Desember 2022

Acara pernikahan Kaesang dang Erina berlanjut sangkat hari Minggu (11/12), di mana acara tersebut berpindah ke Solo. Acara diawali dengan metodei adat Ngunduh Mantu, pukul 07.00 WIB di mana keluarga Erina mengunjungi keluarga Kaesang di Loji Gandrung yang merupakan rumah dinas Gibran Rakabuming jadi Walikota Solo.

Kirab pernikahan Kaesang dan Erina mulai dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegara, pada Minggu, 11 Desember 2022

Selanjutnya rangkaian daftar kirab atau pawai menunggangi kereta kencana, yang akan membawa keluarga Erina dan Keluarga Kaesang.  Rencananya kirab yang dimulai dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran itu menggunakan 12 kereta kencana dengan 28 kuda dan melibatkan 81 prajurit keraton Kasultanan Surakarta.

Sebagai informasi kirab pengantin itu akan melewati Jalan Slamet Riyadi sampai-sampai Jalan Diponegoro, Kota Solo. Sesampai-sampai rombongan juga akan melewati Car Free Day (CFD) yang biasa diadakan setiap Minggu pagi. Bahkan ada beberapa titik yang terdapat panggung hiburan. Saat melewati panggung itu rombongan kirab akan berhenti sebentar untuk menyapa masyarakat, namun nggak sampai turun dari kereta.

Tasyakuran atau resepsi pernikahan Kaesang dan Erina digelar di Pura Mangkunegaran pada Minggu, 11 Desember 2022

Kirab pengantin akan membawa keluarga kedua mempelai menuju Pura Mangkunegara. Di sini mareka menggelar kalender tasyakuran atau resepsi pernikahan dan menyambut ribuan tamu dari kalangan masyarakat, selebritas, batas pejabat negara. Perlu diketahui bahwa tamu-tamu yang hadir dibagi menjadi kurang lebih sesi dari pagi batas malam untuk menghindari penumpukan tamu dan keTertahanan.

Melansir dari Tempo, sebagai hajatan keluarga RI 1, pernikahan Kaesang dan Erina ini kosongankan total 10.800 personel gabungan TNI dan Polri yang mengamankan seluruh rangkaian agenda, tidak marah itu yang digelar di Yogyakarta, maupun di Solo.