Destinasi Wisata Tak Terlupakan Ke Cirebon Yang Perlu Kamu Coba Kunjungi

Foto suasana tempat wisata Telaga Nilam di Cirebon Foto suasana tempat wisata Telaga Nilam di Cirebon

Cirebon adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Barat setelah Bandung dan merupakan ibukota Kabupaten Cirebon. Cirebon terkenal sebagai kota yang memiliki sejarah dan budaya yang kaya. Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Barat setelah Bandung dan merupakan ibukota Kabupaten Cirebon. Cirebon terkenal sebagai kota yang memiliki sejarah dan budaya yang kaya, dengan banyak tempat wisata yang menarik seperti Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, dan Masjid Agung Cirebon. Selain itu, Cirebon juga dikenal sebagai kota yang terkenal dengan makanan khasnya seperti empal gentong, tahu gejrot, dan kue Cirebon.

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata di Kota Cirebon yang akan memberikan kesan dan tak terlupakan bagi anda yang mengunjunginya.

1. Telaga Nilem

Telaga Nilem adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Gunung Gede Pangrango National Park, Jawa Barat, Indonesia. Danau ini terletak di ketinggian sekitar 1.900 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu tempat wisata yang populer di kawasan tersebut. Telaga Nilem terkenal dengan pemandangan yang indah dan sejuk serta merupakan tempat yang cocok untuk berjalan-jalan atau berkemah. Di sekitar Telaga Nilem, terdapat banyak aktivitas yang dapat dilakukan, seperti menyusuri jalur pendakian ke Gunung Gede Pangrango, menyusuri jalur pendakian ke Gunung Pangrango, atau mengunjungi beberapa tempat wisata lain yang terletak di sekitar danau, seperti Goa Sunter, Goa Hantu, dan Telaga Biru. Selain itu, Telaga Nilem juga merupakan tempat yang cocok untuk berenang, memancing, atau hanya sekedar menikmati suasana yang tenang di sekitar danau.

2. Hutan Kera Plangon

Hutan Kera Plangon adalah sebuah taman hiburan yang terletak di Kecamatan Plangon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Taman ini merupakan tempat wisata yang menyajikan berbagai macam atraksi dan wahana permainan yang cocok untuk dikunjungi oleh keluarga. Hutan Kera Plangon terkenal sebagai taman hiburan yang menyajikan berbagai macam atraksi dan wahana permainan yang cocok untuk dikunjungi oleh keluarga. Di Hutan Kera Plangon, terdapat berbagai macam wahana permainan yang menyenangkan, seperti wahana roller coaster, wahana air, dan wahana permainan anak-anak. Selain itu, taman ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas lain seperti tempat makan, toko souvenir, dan lain-lain. Hutan Kera Plangon merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman untuk menghabiskan waktu bersama dan menikmati berbagai macam atraksi yang disajikan di taman tersebut.

3. Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Desa ini merupakan salah satu desa wisata yang terkenal di Jawa Barat dan merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan kearifan lokal yang masih terjaga. Tempat wisata ini terkenal dengan keindahan alam yang masih asri dan terjaga, dengan hamparan sawah yang hijau dan terasering serta gunung-gunung yang terlihat di kejauhan. Selain itu, desa ini masih menjaga warisan leluhur dengan kearifan lokalnya yang sangat dihormati dan terus diwarisi secara turun temurun. Di Desa Wisata Cikalahang, terdapat berbagai macam wisata yang dapat dikunjungi, seperti Taman Kera, Taman Burung, dan Taman Bunga. Selain itu, desa ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas lain seperti homestay, restoran, dan toko souvenir. 

4. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan merupakan salah satu pantai yang terletak di Cirebon, Jawa Barat. Pantai ini terkenal dengan pemandangan matahari terbit yang indah dan pasir putih yang lembut. Selain itu, pantai ini juga menyajikan berbagai aktivitas menyenangkan seperti berenang, bermain voli pantai, atau hanya sekedar berjemur di tepian pantai. Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Kejawanan, pastikan untuk membawa perlengkapan yang diperlukan seperti payung, topi, atau lotion tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari yang terik. Pantai Kejawanan juga merupakan tempat yang tepat untuk berwisata kuliner, dengan berbagai jenis makanan laut yang tersedia di sekitar pantai. Jadi, pastikan untuk mencicipi makanan khas Cirebon saat berkunjung ke sana.

Itulah beberapa lokasi destinasi wisata di Kota Cirebon yang layak anda kunjungi, selain dari 4 destinasi tersebut tentu saja masih banyak lokasi wisata yang tak kalah menariknya di Kota Cirebon.