8 Kota Terpanas Indonesia Mencapai Suhu 39 Derajat, Setara Demam Manusia!

potret summarecon kota bekasi potret summarecon kota bekasi

Indonesia dikenal sebagai negara tropis yang berada di garis khatulistiwa yang pasti hanya memiliki dua musim yaitu penghujan dan kemarau. Indonesia terkenal akan cuaca panasnya yang bisa mencapai 38 derajat Celcius. Dari sekian banyaknya kota di Indonesia hanya sekitar 25% yang dinobatkan sebagai kota terpanas dengan suhu diatas rata-rata normal. Ada beberapa wilayah di Indonesia yang pada kondisi tertentu bisa mendapatkan panas yang lebih sehingga suhunya bisa mencapai di atas rata-rata normal yakni mencapai 38 derajat. Namun kota dengan suhu tinggi masih diminati oleh banyak orang untuk bertempat tinggal di kota tersebut. Masyarakat yang sudah terbiasa hidup dengan kondisi panas biasanya memanfaat cuaca tersebut sebagai mata pencaharian seperti menanam beberapa tumbuhan yang hanya hidup di cuaca panas.

Biasanya masyarakat yang berkunjung ke kota dengan suhu diatas rata-rata normal akan kaget dan tak sanggup untuk berlama-lama di luar ruangan. Suhu panas yang terjadi di kota-kota besar bukan hanya pengaruh dari matahari tetapi juga ada pengaruh manusia yang menggantikan peran pepohonan menjadi gedung perkantoran atau pabrik-pabrik. Berikut daftar kota terpanas dengan suhu di atas rata-rata normal

1. Sei Rampah Sumatera Utara

Sei Rampah merupakan ibukota dari kabupaten Serdang Bedagai yang terletak di Sumatera bagian utara yang menjadi salah satu deretan kota dengan cuaca yang panas. Kota yang dipenuhi berbagai macam pepohonan seharusnya terlihat asri tetapi kota ini termasuk ke dalam daftar kota terpanas pada saat kondisi panas suhu kota yang bisa mencapai 34 derajat.

2. Medan Sumatera Utara

Kata lain yang memiliki suhu panas di Indonesia adalah ibukota Sumatera Utara yaitu Medan yang bisa mencapai suhu 30 sampai 35 derajat baik di siang hari maupun di malam hari. Ibukota satu ini dikenal sebagai kota tropis yang tidak menentu musim kemarau dan musim penghujannya tetapi menurut penelitian kota Medan memiliki musim kemarau yang lebih panjang dibandingkan musim hujan. Meski terkenal sebagai kota panas kota Medan ini termasuk ke dalam kota besar yang padat penduduknya dan masih diminati oleh sebagian masyarakat di luar Medan yang ingin tinggal di Medan.

3. Pekanbaru Riau

Ketika kamu mengunjungi kota Riau maka akan terasa perbedaan cuaca panas dibandingkan dengan ibukota karena Pekanbaru yang menjadi ibukota Riau ini memang dikenal sebagai kota yang sangat gersang dan panas. Banyak masyarakat luar kota yang berkunjung ke Pekanbaru Riau merasakan panas yang luar biasa karena di sini bisa mencapai suhu 36 derajat.

4. Bengkalis Riau

Masih di kota Riau Bengkalis menjadi kota lainnya dengan suhu panas yang sama seperti Pekanbaru dengan mencapai panas di suhu 30 derajat. Berbeda dengan Pekanbaru Bengkalis masih dikelilingi oleh pepohonan yang banyak dan beberapa daerah juga masih memiliki keasrian.

5. Palembang

Masih di Sumatera Palembang menempati urutan kota lain yang bersuhu panas dengan cuaca gersang di siang hari mencapai 32 derajat.

6. Bekasi Jawa Barat 

Bergeser sedikit ke daerah Jawa Barat kota pertama yang dikenal sangat panas ialah Bekasi terbukti dengan suhu yang sering mencapai 30 derajat. Bekasi dikenal dengan banyaknya pabrik ditambah jumlah penduduknya yang padat membuat suasana gersang di kota ini begitu terasa dan begitu panas. 

7. Cirebon Jawa Barat

Kota Cirebon terletak di daerah utara pulau Jawa yang dikenal sebagai kota yang bersuhu panas gersang dan kering yang bisa mencapai suhu 38 derajat. 

8. Bima NTB

Di provinsi Nusa tenggara Barat kota yang dikenal panas yaitu Bima. Bima dikenal sebagai salah satu kota panas yang memiliki panas sangat tinggi bukan hanya di musim kemarau tetapi juga di musim penghujan. Panas di kota Bima bisa mencapai 39 derajat ketika musim kemarau namun banyak yang memanfaatkan kondisi ini dengan bertani menanam jagung.

Itulah beberapa deretan kota terpanas di Indonesia yang bersuhu diatas rata-rata normal yang masih banyak diminati masyarakat untuk tetap tinggal di kota tersebut. Kalau kamu pernah mengunjungi kota-kota tersebut ?