Sejarah Terbentuknya Olahraga Boxing

Oleh : ftrrahman | 2022-03-24 16:42:48

Boxing adalah salah satu olahraga tertua yang masih berperan hingga saat ini, dengan penggambaran berusia 2.000 tahun di dinding makam di Mesir dan ukiran batu yang menunjukkan bahwa orang Sumeria yang tinggal di tempat yang sekarang disebut Irak.
bertinju setidaknya 5.000 tahun yang lalu. Tinju dimulai sebagai tontonan yang melelahkan dan brutal.

Di Yunani kuno, dua pria akan duduk berhadap-hadapan dengan kepalan tangan yang terbungkus erat dengan potongan kulit yang keras. Mereka kemudian akan saling memukul sampai salah satu dari mereka jatuh ke tanah tak sadarkan diri, atau lebih buruk lagi, mati. Pejuang Romawi atau gladiator, di sisi lain, bertarung dengan tujuan utama untuk membunuh lawan mereka, mengenakan tali kulit di sekitar kepalan tangan mereka yang dilapisi logam. Namun tinju segera dihapuskan sekitar tahun 393 M karena dianggap terlalu biadab.

Tinju tidak benar-benar muncul kembali sampai awal abad ke-16 di London. Soalnya, aristokrasi Inggris mengembangkan minat dalam memulihkan pengetahuan dan tradisi kuno, sehingga tinju menjadi sarana untuk menangani perselisihan di antara orang kaya. Pelindung kaya akan mendukung petinju mereka dan memasang taruhan besar pada pertarungan mereka. Di sinilah sebenarnya istilah "prizefighters" diciptakan.

Jack Broughton, juara bertahan dari tahun 1734 hingga 1758, adalah orang pertama yang memperkenalkan sekolah tinju. Dia juga membantu merumuskan seperangkat aturan tinju pertama dan merupakan penemu muffler, pendahulu dari sarung tinju modern. Broughton mengundang pria-pria kelas atas untuk membuat perubahan dari mensponsori pejuang menjadi pejuang itu sendiri. Saat tinju bergerak melintasi lautan pada awal abad ke-19 ke Amerika, tinju tidak terlalu populer—sampai Theodore Roosevelt menjadi seorang advokat.

Ketika Roosevelt menjadi komisaris polisi, dia akan mendesak para perwiranya untuk berlatih seni ars pugandi. Dia percaya tinju adalah cara yang bagus "untuk melampiaskan semangat hewani manusia." Dan ini juga tidak berubah ketika dia menjadi presiden. Roosevelt terbiasa bertinju hampir setiap hari sebagai cara untuk tetap aktif dan bugar. Dari sana, tinju terus tumbuh dalam popularitas dengan pedoman dan aturan yang diberlakukan untuk melindungi para petinju, menjadikannya olahraga yang kita semua kenal dan gemari hingga saat ini.
Tags : #SejarahBoxing